image

image

Friday, July 10, 2009

nak tidUR - sunnah

Hadis riwayat Barra' bin Azib ra.:

Bahwa Rasulullah saw. bersabda:

Apabila kamu hendak berbaring ke tempat peraduanmu,
maka berwudulah seperti wudu untuk salat,
kemudian berbaringlah di atas sisi kananmu lalu bacalah doa:

(Ya Allah! Sesungguhnya aku menyerahkan diriku kepada-Mu,
dan aku serahkan segala urusanku kepada-Mu,
dan aku baringkan tubuhku ke hadapan-Mu
karena mengharapkan pahala-Mu dan takut akan siksa-Mu,
tidak ada tempat berlindung dan tidak ada pula
yang dapat menyelamatkan diri kecuali kembali kepada-Mu,
aku beriman dengan kitab-Mu yang Engkau turunkan
dan dengan nabi-Mu yang Engkau utus).

Jadikanlah semua itu sebagai ucapanmu yang terakhir
karena apabila kamu mati pada malam itu,
maka kamu telah mati dalam keadaan fitrah.

(Barra') berkata: Aku mengulang-ulangi kalimat-kalimat tersebut untuk mengingatnya.
Aku ucapkan: Aku beriman kepada rasul-Mu yang Engkau utus.

Rasulullah saw. bersabda: Ucapkanlah! Aku beriman
dengan nabi-Mu yang telah Engkau utus

Nombor hadis dalam kitab Sahih Muslim [Bahasa Arab saja]: 4884

No comments:

Post a Comment